Tim Nasional
Wow, Pencetak Gol Amerika Serikat di Piala Dunai 2022 Ternyata Putra Presiden Liberia
Basudiwa Supraja
Selasa, 22 November 2022, 10:54 WIB
Foto: Penyerang Timnas Amerika Serikat, Timothy Weah (Foto: REUTERS)

DOHA - Pencetak gol Timnas Amerika Serikat (AS), Timothy Weah, ternyata putra dari Presiden Liberia, George Weah. Ini menjadi salah satu fakta menarik yang hadir di Piala Dunia 2022.

Timothy Weah telah menjalani debutnya bersama AS sejak 2018 lalu dan telah mencatatkan 25 caps dengan tiga gol. Piala Dunia 2022 merupakan turnamen edisi pertama bagi striker 22 tahun itu.

Pemain yang lahir di Brooklyn, New York, AS, tersebut sukses mencetak keunggulan untuk AS sejak menit ke-36 saat menghadapi Wales, Selasa (22/11/2022) dini hari tadi. Dia nyaris membawa kemenangan untuk AS sebelum akhirnya gol Gareth Bale untuk Wales menjadi mimpi buruknya.

Sayang AS harus ditahan imbang Wales dengan skor 1-1. Timothy dkk harus puas untuk sementara ini membawa AS duduk di peringkat ketiga klasemen Grup B.

Terlepas dari itu, sosok Timothy Weah berhasil mencuri sorotan publik. Selain penampilannya yang tajam, Timothy Weah dipandang sebagai anak seorang petinggi negara yang justru membela timnas negara lain.

Padahal sang ayah, George Weah sendiri merupakan seorang Presiden sekaligus mantan pesepak bola Liberia. Namun sang anak justru beralih kewarganegaraan ke Amerika Serikat.

Melansir dari data Transfermarkt, Timothy bahkan tidak tercantum sebagai pemain berpaspor Liberia, melainkan Prancis dan AS. Dia juga telah tergabung dengan Timnas AS sejak di tim U-15 pada 2015 lalu.

Saat ini, Timothy berkarier di Prancis bersama LOSC Lille. Berbeda dengan sang anak, George Weah lebih banyak merantau saat masih aktif sebagai pemain profesional mulai dari Liberia, Pantai Gading, Senegal, Prancis, Italia (AC Milan), Inggris (Chelsea dan Manchester City), hingga terakhir di Uni Emirat Arab bersama Al Jazira.

Editor : Saliki Dwi Saputra

Topik Terkait
Artikel Terkait
Terpopuler
Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Goncalo Ramos Hattrick, Portugal Cukur Swiss 6-1 Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Cetak Sejarah! Maroko Kalahkan Spanyol Lewat Adu Penalti Ungkap Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Lemak Tinggi, tetapi Massa Otot Rendah Profil Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022: Momentum Cetak Sejarah Jadi Juara Timnas Jepang Tinggalkan Origami Bangau di Ruang Ganti Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Apa Makna di Baliknya? 70 Persen Fans Timnas Portugal Ingin Cristiano Ronaldo Dicadangkan Lawan Swiss Brasil Rayakan Gol di Piala Dunia 2022 dengan Menari, Roy Keane: Mereka Tak Hormati Lawan 5 Alasan Evan Dimas Tak Lagi Dipanggil Shin Tae-yong, Banyak Faktor Kualitas Cetak Gol di Piala Dunia 2022 untuk Brasil, Neymar Sejajar Ronaldo dan Pele Daftar 6 Negara yang Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022: Wakil Asia Ludes Tak Tersisa!