Balap Lainnya
Ducati Marah Usai Logistik Motornya Dibuka Tanpa Izin Jelang WSBK Indonesia
Fitradian Dhimas Kurniawan
Kamis, 11 November 2021, 05:45 WIB
Foto: Oknum MGPA membongkar logistik tim Ducati yang berisi motor untuk balapan WSBK (Foto: Instagram)

MANDALIKA - Kejadian melakukan tercipta jelang diselenggarakannya World Superbike (WSBK) Indonesia di Sirkuit Mandalika. Pasalnya, oknum MGPA kedapatan membuka logistik tim peserta tanpa izin sesampainya paket motor tersebut di lokasi.

Motor-motor diketahui telah tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (8/11/2021) untuk dipakai dalam gelaran WSBK Indonesia 2021. Namun, rupanya ada beberapa kotak yang dibuka lebih awal, sebelum tim peserta datang, yakni milik Ducati.

Video yang menunjukkan oknum MGPA membuka beberapa motor pun telah beredar di media sosial. Motor tersebut diketahui merupakan besutan rider tim Aruba Ducati Corse, Michael Rinaldi.

Mengetahui hal itu, rupanya pihak Ducati marah dan merasa kecewa. Mereka bahkan mengajukan keluhan kepada pihak WSBK. Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla pun meminta maaf dan langsung mengambil tindakan tegas.

“Kami sungguh meminta maaf. Kejadian ini berada di luar kendali kami. Pegawai yang besangkutan sudah dipecat,” kata Lavilla dikutip Speedweek, Rabu (10/11/2021).

Kejadian ini tentu mencoreng nama Sirkuit Mandalika dan penyelenggaraan WSBK Indonesia. Padahal, ini merupakan balapan bertaraf internasional pertama yang akan dilangsungkan oleh lintasan berjarak 4,3 km tersebut.

Sirkuit Mandalika akan menjadi seri penutup Kejuaraan Dunia WSBK 2021. Dalam kalender WSBK 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah seri ke-13 yang akan berlangsung pada 19-21 November 2021.

Keamanan lintasan pun harus ditingkatkan, karena Sirkuit Mandalika juga akan menjadi kejuaraan balap motor paling bergengsi, yaitu MotoGP 2022. Balapan itu rencananya akan berlangsung pada bulan Maret 2022 mendatang.

Sirkuit Mandalika

Editor : Hendry Kurniawan